MENGENAL "THE POWER OF FEEDBACK" Bag.1 (Selayang pandang) Nh.Wijaya

Hallo Sahabat Sagusapop...Kali ini Mimin akan membahas suatu buku karya dua orang profesor pendidikan hebat di Universitas Auckland. Sebelum kita kumpas tuntas The Power of Feedback itu sendiri, yuk kita mengenal sosok sang profesor ini.
Buku 
The Power of  Feedback ini ditulis oleh dua profesor yang mendedikasikan keilmuannya dalam dunia pendidikan. 

  1. JOHN HATTIE adalah Profesor Pendidikan di University of Auckland, Private Bag 92019, Faculty of Education, Auckland, Selandia Baru 1142; email: j.hattie@auckland.ac.nz. Minatnya adalah penilaian,      model belajar mengajar, dan statistik. Dia dan Helen Timperley menulis bersama Shirley Clarke,              Unlocking Formative Assessment (Hodder-Moa, Auckland, NZ, 2003)
  2. HELEN TIMPERLEY adalah Profesor Pendidikan di University of Auckland, Private Bag 92019, Faculty of Education, Auckland, Selandia Baru 1142; email: h.timperley@auckland.ac.nz. Penelitiannya menyelidiki bagaimana mempromosikan pembelajaran di semua tingkat sistem pendidikan. Dia dan John Hattie ikut menulis dengan Shirley Clarke, Unlocking Formative Assessment (Hodder-Moa, Auckland, NZ, 2003).

Umpan balik adalah salah satu pengaruh paling kuat pada pembelajaran dan pencapaian, tetapi dampak ini bisa positif atau negatif. Kekuatannya sering disebutkan dalam artikel tentang belajar dan mengajar, tetapi yang mengejutkan hanya sedikit penelitian terbaru yang secara sistematis menyelidiki maknanya. Artikel ini memberikan analisis konseptual dari umpan balik dan meninjau bukti yang terkait dengan dampaknya terhadap pembelajaran dan pencapaian. Bukti ini menunjukkan bahwa meskipun umpan balik adalah salah satu pengaruh utama, jenis umpan balik dan cara pemberiannya dapat efektif secara berbeda. Sebuah model umpan balik kemudian diusulkan yang mengidentifikasi sifat dan keadaan tertentu yang membuatnya efektif, dan beberapa masalah yang biasanya sulit dibahas, termasuk waktu umpan balik dan efek umpan balik positif dan negatif. Akhirnya, analisis ini digunakan untuk menyarankan cara-cara di mana umpan balik dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitasnya di dalam kelas. 


kata kunci : Umpan balik, the power of feedback, positif, negatif


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama