Ngaji Subuh KomunitasKangAsep
Selasa, 28 Desember 2021
1. Tilawah dibimbing Bunda Hajjah Nunung
Surah Al-Fajr Ayat 1-10
2. Tafsir
Al-Qur'an Surah Al-Ahzab Ayat 21
Peserta Pejuang Subuh yang Hadir |
Tafsir QS. Al-Ahzab:21
Pemateri : Bu Dr. Fenti Inayati
Al-Ahzab ayat 21
لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللّٰهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَنْ كَانَ يَرْجُوا اللّٰهَ وَالْيَوْمَ الْاٰخِرَ وَذَكَرَ اللّٰهَ كَثِيْرًاۗ
Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.
Laqad : ancaman pada kaum munafik, mengaku Islam tapi melakukan berbagai kedurhakaan, kezaliman. Padahal ada Rasulullah yg seharusnya menjadi teladan.
Sifat orang yg meneladani Rasulullah secara sempurna :
1. Mengingat hari kiamat
2. Berzikir kepada Allah
Teladan kepribadian Rasulullah semuanya bisa menjadi teladan.
Konteks perang khandaq/perang parit, teladan Rasul menggali parit, pemimpin terlibat langsung menggali parit, membakar semangat para sahabat saat sahabat loyo.
Tafsir Tarbawi (Pendidikan) :
Kita sebagai guru dlm meneladani Rasul
Terdapat pendidikan karakter :
a. Siddiq, benar
Memiliki sistem keyakinan untuk merealisasikan visi, misi dan tujuan
Seperti alat ukir, jika baik murid juga baik.
b. Amanah
Dapat melaksanakan amanah dengan sebaik-baiknya tidak berkhianat.
Memiliki tanggung jawab yg tinggi.
Mengembangkan potensi secara optimal.
Memiliki kemampuan membangun kemitraan dan jejaring.
c. Fathonah, kecerdasan.
Arif dan bijaksana.
Memiliki integritas tinggi.
Kesadaran untuk belajar.
Orientasi hanya Allah.
Terpercaya.
Memiliki kematangan misi, jiwa kompetensi.
Cerdas intelektual, emosional dan spiritual.
d. Tabligh.
Senang berbagi dengan orang lain.
Praktek kita sebagai guru :
1. Rasul memiliki sifat siddiq/kompetensi kepribadian, sebagai dasar aktivitas kita, bangga sebagai guru. Berpengaruh terhadap siswa. Anak the best imitated. Sebelum memerintahkan guru harus memulai terlebih dahulu.
2 Amanah/sosial, sejak kecil Rasul bergelar al amin.
Bagaimana berinteraksi dengan masyarakat. Mudah berinteraksi dengan ortu, masy, siswa agar berjalan harmonis.
3. Fathonah/pedagogik
Ribuan hadits Rasul keluarkan.
Kecerdasan mengaplikasikan kurikulum.
Metode lebih penting dari sekedar materi. Perhatikan penguasaan materi dan prinsip pembelajaran.
4 Tabligh/profesional.
Risalah Allah tidak ada yg disembunyikan.
Penulis : Siti Jamilah
Bontang, 28 Desember 2021